Wifi Asus 1215B Bermasalah di Windows 7 64 Bit

Postingan ini aku tulis dalam keadaan mata sudah sangat lelah. Selasa dini hari aku habiskan untuk ubek-ubek google mencari driver untuk WiFi di notebook Asus 1215 B yang baru diupgrade pakai Win 7 64 Bit. Sempat merasa upgrade OS dari X32 ke X64 di notebook ini suatu kesalahan, karena driver WiFi yang ada di download centre Asus sama sekali tidak berguna. Damn!… padahal, semuanya driver untuk X64 lancar semua.

Sempat bingung kenapa driver yang disediakan Asus tidak berfungsi. Mencari tahu pabrikan mana WiFi ini notebook melalui device manager>network adapters>properties juga tidak bisa. Entah kenapa dengan notebook ini. Browsing sana sini akhirnya aku dapat satu petunjuk untuk tahu pabrikan mana chip WiFi yang terpasang di 1215B ini.

Setelah instalasi software UKD, langsung aku cari tahu pabrikannya (klik untuk langkah instalasi dan penggunaan). Eng ing eng, ternyata WiFi di Asus 1215B pakai Broadcom 4313. Oke, setelah itu langsung menuju ke TKP, situs broadcom. Ternyata, masalah bukan langsung selesai. Sebab, broadcom memang mengenali tipe BCM 4313, tapi mereka tidak menyediakan driver untuk di download.

Jarum jam mendekati subuh, hampir putus asa aku coba googling lagi. Tetap tidak ketemu. Cara terakhir, pakai driver notebook lain. Ketemulah milik Lenovo dan HP. Secara spesifik mereka menyebut software yang tersedia untuk BCM 4313. Langsung download, instal….. dan… berhasil!!! Yuhui, time to sleep hehe..

Buat temen-temen yang punya masalah dengan chip WiFi ini dan butuh drivernya, langsung aja download. Sudah dilokalin, jadi bisa download dengan cepat.

Image by Cool Text: Logo and Button GeneratorCreate Your Own Logo

 

4 comments On Wifi Asus 1215B Bermasalah di Windows 7 64 Bit

Leave a reply: