DslrDashboard, Kendalikan Kamera Lewat Android

SEBENARNYA, aplikasi ini tidak terlalu penting. Karena viewfinder kamera digital SLR maupun pocket sudah cukup untuk menjadi ruang ’’mengintip’’. Tapi, anggap saja kadang kita pengen lebih bergaya atau ada moment low angle yang tidak bisa dijangkau mata.

Aplikasi pengendali kamera sebenarnya banyak di google play, tapi untuk kamera Nikon saya DslrDashboard paling pas. Sebelum membahas step by step mensinkronkan kamera dengan DslrDashboard. Kita kenali dulu aplikasi gratis ini. Menurut pengembanganya, selain kamera SLR aplikasi ini juga cocok untuk kamera poket.

Asyiknya lagi, melalui DslrDashboard bisa mengontrol hampir semua fitur yang ada di kamera. Sebagai contoh, dalam uji coba kali ini saya memakai DSLR D7000. Fitu-fitur utama seperti mengatur iso, flash, liveview, kualitas gambar, memindah fokus, mengambil gambar, hingga mereview hasil jepretan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan OS Android sudah Ice Cream Sandwich (4.x) atau terbaru. Jangan lupa juga sediakan kabel USB OTG dan kabel mini USB atau yang kompatibel dengan kamera. Oh iya, pastikan juga kabel ke kamera kualitas bagus. Paling aman sih pakai bawaan kamera.

PERSIAPAN

Oke, sebelum memulai pastikan aplikasi sudah terinstal di android. Lantas, siapkan kamera digital, kabel USB OTG, dan kabel ke kamera. Sambungkan kabel kamera ke perangkat. Lantas, colokkan port USBnya ke USB OTG. Terakhir, sambungkan USB OTG ke android.

JUST DO IT

Setelah semua terkoneksi dengan benar, nyalakan kamera dan jalankan aplikasi. Kalau tidak terdeteksi, bisa dipencet kolom USB yang ada tulisan search for usb camera. Di kolom kanan, ada network. Sepertinya, aplikasi di android itu bisa terkoneksi dengan kamera via WiFi. Tapi, karena tidak ada kamera dengan WiFi internal, jadi tidak bisa coba hehehe.

Bagaimana kalau tetap tidak tersambung? Bisa jadi aplikasi tidak cocok dengan kameranya. Coba cari aplikasi lain di Google Play dengan kata kunci camera remote, SLR remote, dan sebagainya.

Setelah terkoneksi, akan masuk ke jendela utama. Biasanya gelap. Pencet gambar dengan huruf LV untuk menjadikan layar android sebagai viewfinder. Nah, disitu ada berbagai tombol. Silahkan dicoba aja pencet-pencet. Dari situ akan ketahuan kalau aplikasi ini benar-benar mengasyikan.

Nah, anggap sudah jepret gambar. Pencet ikon kedua dari kiri yang bergambar gunung. Ada opsi untuk menampilkan gambar dengan ekstensi file RAW atau JPEG. Kalau tidak muncul, bisa tekan gambar ponsel untuk melihat hasil jepretan tadi.

Tidak hanya asal melihat hasil jepretan, dari situ juga bisa mengirim hasil foto melalui email atau media sosial. Tetapi, kadang file yang terlalu besar tidak bisa dibuka dengan baik melalui ponsel. Semakin powerfull handphone yang dimiliki, makin mudah juga untuk melihat dan mengedit hasil foto.

8 comments On DslrDashboard, Kendalikan Kamera Lewat Android

Leave a reply:

Site Footer