Review Notebook HP 14-g008AU

Lebih Powerful Kalau Upgrade RAM

BANYAK pilihan saat mencari notebook Rp 4 jutaan yang mumpuni untuk bekerja serius. Umumnya, ditandai dengan RAM setidaknya 2 GB dengan ruang penyimpanan besar dan prosesor kelas menengah ke atas. Biasanya juga, tipikal pekerja seperti itu tidak memperdulikan kapasitas kartu grafisnya.

Tapi, bagaimana kalau suatu saat mengalami kejenuhan dan butuh relaksasi?. Kadang, menonton film atau mendengarkan musik tidak cukup. Kalau sudah begitu, biasanya akan mengalihkan perhatian dengan bermain game.

Lantaran tidak memberikan perhatian lebih pada kartu grafis, ujung-ujungnya hanya bisa memainkan game-game ringan. Kurang seru. Nah, HP 14-g008au yang punya otak AMD A8-6410 memberikan pengalaman berbeda. Itu karena APU sudah terintegrasi dengan kartu grafis on board Radeon R5.

Karena bukan seperti kartu grafis on board lainnya, notebook ini jadi punya ’’kekuatan’’ tersembunyi. Penasaran?

DESAIN
SAYA sepakat kalau ada yang bilang, notebook ini HP banget. Desainnya old school. Apalagi, cukup tebal dan punya berat 1.9 kg. Tetapi, lebih cantik karena fisiknya diselesaikan dengan sentuhan glitter dan lebih shinny.

Eits, tapi jangan menilai notebook dari tampilan luarnya saja. Lihat lebih dekat, HP 14-g008au punya konektifitas yang lengkap lho. Mulai dari port USB 3.0 yang berguna untuk mentransfer data dengan lebih kencang. Lantas, ada slot HDMI, dua USB 2.0, satu lubang konektor RJ-45, port VGA , SD Card Reader, DVD reader dan satu colokan 3.5mm untuk headphone.

Notebook ini punya bentang layar 14 inch LED dengan resolusi 1366×768. Membuat warna yang hasilkan cukup bagus. Tidak seperti notebook di bawahnya yang akurasi warnanya payah. Kalau orang Jawa nyebutnya: puyeh.

PERFORMA
SEBAGAI notebook kelas menengah, prosesor AMD Quad-Core A8-6410 2GHz memberikan kepuasan tersendiri. Sebab, Berbagai aplikasi kantoran seperti mengetik, tabel, dan presentasi bisa berjalan dengan baik. Termasuk, saat harus menginput banyak data.

Itu didukung dengan hasil uji benchmark menggunakan PCMark8. Menjalankan uji work accelerated, HP 14-g008au mendapat nilai 2789. Angka itu cukup baik di kelasnya. Apalagi, body yang tebal membuat sistem pendingin bekerja dengan baik.

Membuat temperatur prosesor stabil dikisaran 45-55 derajat celcius. Hasil yang cukup bagus juga terlihat saat diuji untuk bekerja lebih berat melalui Creative Accelerated. Skor yang didapat 2027. Cukup untuk membuat notebook diajak edit foto dan video ringan. Untuk editing video, lebih baik kalau RAM ditingkatkan.

Saat uji kreatif inilah temperatur proses meningkat. Wajar, karena beban yang diberikan bertambah. Saat editing video, bisa menyentuh 70 derajat celcius. Sedangkan editing foto dengan beberapa layer dan tumpukan perintah menghasilkan panas lebih rendah, 55-60 derajat celcius.

3DMark
HP 14-g008au sebenarnya bisa diajak main casual game atau sedikit mainstream game. Tetapi, RAM 2 GB yang menjadi bawaan membuat ruang gerak notebook ini menjadi terbatas game casual saja.

Jika user bersedia untuk mengupgrade memori dari sebelumnya yang hanya 2 GB menjadi 4 GB. Potensi itu terlihat saat notebook ini diuji menggunakan 3Dmark. Untuk Cloud Gate, skornya 2954. Rinciannya, dua tes grafis dengan masing-masing skor 14.51 FPS dan 14.99 FPS. Skor itu cukup baik mengingat RAM yang terpasang hanya 2 GB. Bagi pengguna Windows 8 atau Windows 8.1, game casual itu bisa didapat di Windows Store.

 

Leave a reply: