Cara Mudah Buat Mavericks Bootable USB

0

ADA beberapa cara untuk membuat bootable USB OS Mavericks. Menginstall software pihak ke tiga, atau lewat terminal yang ada di Macbook. Salah satu cara yang paling mudah adalah lewat terminal. Di bawah ini akan saya jelaskan langkah-langkah mudahnya dengan asumsi anda sudah memiliki file OS X Mavericks.

Kalau belum memiliki, file OS X Mavericks bisa di download lewat App Store. Jika tidak ada perangkat dengan Mac Os, bisa di download lewat link ini >>> OS X Mavericks, file saya letakkan di Google Drive. Sesudah di download, letakkan file tersebut di folder application tanpa mengubah nama. Lantas, ikuti step by step ini:

1. Sediakan USB flash disk dengan kapasitas minimal 8gb. Pastikan data-data di dalamnya sudah dipindahkan ke tempat lain karena nanti akan di format.

2. Buka Disk Utiliy yang ada di Macbook anda. Bisa ditemukan dengan mudah lewat Launchpad atau folder application.

3. Klik flash disk anda. Lantas pilih erase yang ada di samping tab First Aid.

4. Untuk Format, pilih Mac OS extended (Journaled). Supaya lebih mudah, kasih nama Mavericks. Sebenarnya boleh yang lain juga sih. Lantas, klik erase untuk mulai memformat.
Catatan: Kalau flash disk anda terpartisi, hapus partisinya dan jadikan satu partisi saja.

5. Setelah USB flash disk selesai diformat. Buka Terminal. Itu bisa ditemukan dengan mengetikkan Terminal di Launchpad atau application.

6. Ketik atau paste perintah ini: sudo /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/Mavericks –applicationpath /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app –nointeraction

7. Untuk menjalankan proses, biasanya akan dimintai password Mac anda. Ketik saja, nanti proses akan berjalan sendiri.

8. Setelah proses berjalan, tunggu saja. Biasanya makan waktu sampai 30 menit. Jeleknya, tidak ada indikator yang jelas mengenai proses ini. Kalau sudah keluar angka 100% berarti proses telah selesai.

9. Flash disk umumnya berganti nama menjadi Install OS X Mavericks. Tinggal eject USB flash disk, dan siap digunakan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *