Empat CD Single JKT48

2

TEPAT di perayaan ulang tahunnya yang pertama, Minggu (23/12), Official JKT48 mengeluarkan empat CD promo. Masing-masing CD tersebut berisikan satu lagu single yang selama ini dibawakan JKT48. Keempat lagu itu adalah Heavy Rotation, Kimi no Koto ga Suki Dakara, Baby Baby Baby, dan Ponytail to Chou-Chou.


Entah kenapa official memilih untuk mengeluarkan CD promo dan membagikannya gratis. Padahal, Januari 2013 nanti Sister Group AKB48 itu sudah mengeluarkan CD perdananya. Entahlah, tapi saya yakin CD promo itu bagian dari strategi penjualan album perdana.

Tidak bisa dipungkiri, pembajakan masih jadi momok bagi industri musik Indonesia. Belum beredar lagu dari Official JKT48 saja, di internet sudah bergentayangan lagunya. Mulai versi rip dari acara di televisi, 99 persen clean, bahkan 100 persen clean.

Terus terang, tiap ada info mengenai berbagai versi single JKT48 selalu menarik perhatian. Maklum, Melody dkk belum juga mengeluarkan album meski sudah lebih dari setahun di belantika musik Indonesia. Bahkan, lucunya, saat mereka launch single baru, fans yang hadir di suatu acara musik sampai diminta untuk tidak meneriakkan chant.

Tujuannya jelas, supaya lagu yang keluar dari siaran televisi itu bisa direkam dan diubah menjadi mp3 atau file musik lainnya. Lantas, bagaimana dengan CD promo yang dikeluarkan Official? Kualitasnya benar-benar menampar yang selama ini punya empat lagu itu. Versi 100 persen clean sekalipun.

Official JKT48 mungkin bukan yang terpintar dalam menghadapi pembajakan, tapi, jelas bukan yang terbodoh juga. Tahu banyak versi clean yang keluar, Official tidak mau kalah, mereka mengeluarkan versi super clean hehehe. Malah, yang bikin Official menang selangkah saat ini adalah versi dari lagu itu sendiri.

Dengar saja lagu Baby Baby Baby versi clean yang didapat dari download manapun. Bandingkan dengan milik Official. Bukan, bukan cuma masalah lebih jernih. Perhatikan di bagian penghujung lagu. Yah, ada lirik yang jarang terdengar.

 

Bait itu adalah:
Hard to say baby baby baby
Aku ingin berani, kutak bisa berkata sepatah kata pun
Andaikan saja malaikat ada, incarlah hati dengan busur itu

Hard to say baby baby baby
Ku ingin membisikkan saat kita berbaring dibawah pohon
Bagaikan didalam sebuah iklan pastilah selain mimpi (lirik lengkap)

Seperti yang saya tulis sebelumnya, IMHO, Baby Baby Baby versi CD ini tidak pernah dinyanyikan di acara on air. Jadi, tidak bisa direkam untuk di rip jadi file musik. Lantas bagaimana dengan tiga musik yang lain? Untuk sisanya memang tidak ada beda dengan versi clean yang selama ini sudah bergentayangan di dunia maya.

Perbedaan paling kentara hanya pada kualitas musiknya. Permainan suara satu dan suara dua makin terdengar jelas. Bahkan, menurut saya, yang biasa dengar versi clean juga bakal kaget setelah mendapat lagu versi CD promo.

Contohnya di lagu Kimi no Koto ga Suki Dakara. Ini adalah lagu favorit saya dari empat lagu itu. Suara dua di versi CD lebih terdengar jelas. Kalau di versi clean selama ini tidak terlalu jelas bahkan cenderung sama tinggi, ternyata versi originalnya tidak. Pembagian suara antar member juga semakin jelas terdengar, tidak flat.

Nah, sejak CD dibagikan gratis melalui perayaan hati ulang tahun atau teater, pasti banyak versi rip yang beredar. Apakah Official blunder dengan membagikan empat CD ini? Saya yakin tidak. Official pasti menyiapkan beberapa kejutan lagi di album barunya nanti. Entah ada versi super super clean, penambahan lirik lagi, atau malah instrumen baru hehehe…

Saya yakin, Official sudah memiliki agenda setting sendiri sejak memutuskan melempar CD promo. Ketika JKT48 Operation Team memutuskan untuk membuka bisnis ini disini pasti sadar tentang bahaya privacy. Mereka juga pasti punya strategi untuk melawannya. Meski, berbagai fakta kerap membuktikan kalau maling selalu lebih pintar.

Semoga saat keluarnya album nanti fans bisa lebih bertanggung jawab. Kalau Official Guide Book saja bisa terjual banyak, album yang sudah ditunggu malah jeblok. Disamping itu, album baru juga berarti membuka kesempatan untuk dibuka lagi event book signing hehehe… Selamat menanti munculnya album JKT48.

Nb: Sorry, yang berharap ada link download lagu CD promo disini tidak ada. Jangan tanya juga ya dimana bisa dapetinnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 thoughts on “Empat CD Single JKT48

  1. u4

    *saya tim luar kota
    doakan saya bisa dapat majalah Hai yang ada promonya.
    masih galau karna pengen 44nya, tp masa harus beli 4 majalah T___T
    sepertinya harus gitu ya

    thanks reviewnya, bener2 jadi lebih tertarik


    • Iya, sepertinya harus beli empat-empatnya. Sebelum beli, rayu aja penjualnya supaya bisa intip dalemnya. Jangan sampe beli empat, eeh.. isinya sama semua. Aku juga lagi cari yang ponyshu sama Kimisuki. Gara2 pas motret kemarin sempet melakukan kesalahan, jadinya robek pembungkusnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *