Review Monitor Acer XG270HU

0

SALAH satu capaian manis AMD dalam semester pertama 2015 adalah, keluarnya teknologi FreeSync. Jadi, monitor ikut memberi peran penting bagi sebuah game untuk tampil lebih lancar. Untuk saat ini, belum banyak monitor yang mengadopsi teknologi canggih tersebut.

Nah, Acer adalah pabrikan yang ikut menghadirkan teknologi itu lebih dini. FreeSync dibenamkan dalam produk monitor yang diberi label Acer XG270HU. Monitor berukuran 27 inch itu memiliki resolusi WQHD atau 2560 x 1440 pixel. Dilengkapi dengan input 1x DVI, 1 x HDMI 2.0 dan 1 x Display Port.

Monitor ini sebenarnya sudah memiliki respon waktu yang cepat yakni 1 ms. Jadi, tidak peduli seberapa cepat aksi yang muncul dalam game, transisi yang dirender tetap berjalan smooth tanpa ada efek yang mengganggu atau ghosting. Tetapi, itu berbeda dengan teknologi FreeSync.

Gampangnya, AMD FreeSync membuat kerjasama yang apik antara kartu grafis dan monitor. Frame per second (FPS) yang dihasilkan kartu grafis, bisa diterima dengan baik dengan monitor. Itu membuat screen tearing atau munculnya patahan, robekan, dan sejenisnya pada gambar tidak lagi terjadi.

Sebelumnya, kejadian screen tearing kerap terjadi. Terutama pada game 3D yang membutuhkan frame rate tinggi. Potensi lain keluarnya screen tearing adalah, saat terjadi perubahan posisi penglihatan latar secara mendadak seperti saat bermain game first person shooter. Gangguan itu yang coba dihilangkan AMD melalui FreeSync.

 

Instalasi Mudah

UNTUK produk yang dilepas dikisaran Rp 5 juta (di Amazon seharga USD 499), tampilan ACER XG270HU bisadibilang menarik. Berkelas, dan sangat mudah untuk dipasang. Siapkan obeng untuk merangkai monitor dengan dudukannya supaya lebih kuat. Setelah itu, tinggal sambungkan monitor ke kartu grafis.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan menggunakan kabel DisplayPort saat menyambungkan kartu grafis dengan monitor ini. Sebab, keuntungan menggunakan FreeSync makin terasa saat menggunakan kabel yang disebut sebagai DisplayPort Adaptive-Sync. Jangan lupa juga untuk update AMD Catalyst supaya fitur baru itu terdeteksi.

Masih di AMD Catalyst, pilih properties di logo monitor dengan tulisan my digital flat-panels dan pastikan teknologi AMD FreeSync di bawah sudah dipilih atau dicentang. Soal setingan lain, seperti maksimal fresh rate bisa dibiarkan sesuai setingan pabrik atau dinaikkan sampai 144 Hz.

Apa bedanya? Makin tinggi sebenarnya makin bagus. Tapi, banyak perdebatan yang mengatakan kalau mata manusia sudah tidak bisa membedakan 35 FPS di refresh rate 35 Hz atau100 Hz. Setingan pabrik untuk beberapa monitor dengan resolusi 1080 pixel biasanya antara 60 Hz sampai 75 Hz.

Karena teknologi itu di desain untuk bekerja dengan OpenGL dan Direct X (tentu Mantle juga), serta bekerja baik di Windows 7 dan 8.1, aman untuk mengaktifkan FreeSync pada saat bermain berbagai games.

Benar-benar Bebas Masalah

SEBENARNYA, cara terbaik untuk menguji FreeSync adalah dengan mata sendiri. Sebab, tidak bisa diukur layaknya game dengan FPS. Direkam juga susah karena butuh kamera dengan FPS tinggi untuk bisa menangkap detil. Yang jelas, ketika dicoba untuk bermain beberapa game first person shooter langsung terasa.

Seperti saat bermain Battlefield 4, kadang patahan gambar terlihat saat tiba-tiba harus menembak musuh di berbagai sisi berbeda dengan cepat. Monitor konvensional yang digunakan sebelumnya, seolah tidak bisa menerjemahkan tingginya FPS dalam sebuah game yang dihasilkan Radeon R9 280 X.

Screen tearing biasanya juga muncul dalam game balap seperti Need For Speed: RIVALS yang menjadi bagian uji coba. Sebelumnya, patahan gambar muncul ketika berbelok dengan cepat. Tapi, ACER XG270HU membuat permasalahan itu hilang. Tidak ada lagi screen tearing meski sedang mengebut dengan mobil super kencang.

Permasalahan yang sama, biasanya juga muncul saat bermain GTA V. Screen tearing kadang muncul ketika pandangan karakter berpindah dengan cepat. Seperti yang disinggung, ACER XG270HU berhasil menghilangkan itu semua dengan baik.

Tidak Hanya untuk Game

SEBAGAI produk premium, ACER XG270HU tidak hanya dikhususkan untuk game. Monitor ini sama baiknya untuk digunakan saat menonton film, atau bekerja. Terutama, pekerjaan yang membutuhkan tingkat akurasi warna seperti foto maupun video.

Alasannya, dalam mode standard, warna hijau maupun cyan (biru kehijau-hijauan) cukup presisi. Saturasi yang dikeluarkan warna kuning cukup baik meski agak ke hijau sedikit. Untuk merah, magenta, dan biru agak bermasalah dengan hue and saturation, tapi tidak banyak.

Monitor ini juga sangat mudah untuk dikalibrasi kalau butuh akurasi warna yang lebih baik. Tinggal pencet OSD menu yang terdapat di bawah tombol on dan off.

 

Kesimpulan
FREESYNC benar-benar menjadi cara yang terbaik untuk meningkatkan kualitas visual. Apalagi, V-Sync kadang tidak membantu dan membuat performa menjadi berat untuk PC menengah ke bawah. Saat ini, teknologi FreeSync memang masih terbatas pada beberapa monitor saja.

Namun, AMD sudah membebaskan teknologi itu untuk dipasang di berbagai monitor. Bisa jadi, dalam beberapa tahun ke depan, monitor dengan teknologi FreeSync makin mudah didapat dan lebih terjangkau.

Khusus untuk ACER XG270HU, produk ini layak untuk menjadi partner bermain game. Selain membantu menghilangkan screen tearing, monitor juga memberikan output warna yang bagus. Itulah kenapa, selain cocok untuk bermain games, monitor ini juga teoat digunakan aneka keperluan visual grafis.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *