Review Power Color R9 280 TurboDuo

0

POWER Color R9 280 Turbo Duo menjadi salah satu line up kartu grafis AMD Radeon yang punya performa tinggi. Dilengkapi arsitektur GCN yang inovatif, mantle yang membuat game menjadi lebih cepat, sampai mendukung bermain game dengan resolusi tinggi.

Kartu grafis ini menggunakan memory interface 384-bit yang dipadu dengan memori 3 GB DDR5. Power Color punya konsep yang disebut Gold Power Kit. Itu gabungan dari Digital PWM, DirectFET, dan Multi-Phase Design. Intinya, Gold Power Kit bakal bikin kinerja kartu grafis makin kencang dan efisien dalam menggunakan energi.

Melihat Lebih Dekat
KARTU grafis ini dilengkapi dengan TurboDuo Cooling technology. Power Color mengklaim dua kipas besar itu mampu menurunkan panas hingga 23 persen. Meski demikian, tidak mengganggu karena tingkat kebisingan juga mampu ditekan. Termasuk saat diberi beban tertinggi.

Untuk menjalankan kartu grafis ini, butuh power supply dengan colokan 8+6 pin. Sedangkan koneksi input dan outputnya, disediakan 2 mini display, 1 HDMI, dan satu DVI. Buat yang mau ’’mengawinkan’’ dua atau lebih kartu grafis dalam satu motherboard, POWER Color R9 280 Turbo Duo punya dua koneksi CrossFire.

3DMark
FIRESTRIKE
SKOR yang didapat cukup tinggi saat melakukan uji coba, yakni 6232. Dengan angka itu, sangat banyak game yang bisa dimainkan dengan seting grafis tertinggi di resolusi 1920×1080. Saat beban terberatnya, temperatur berada di angka 71 derajat celcius. Untuk graphics score, dapat 7304 dengan skor pengujian pertama 34.43 FPS dan kedua 29.47 FPS. Sedangkan physics test yang mendapat nilai 7560, dengan skor 24 FPS.

FIRESTRIKE Extreme
PENGUJIAN yang lebih berat dengan resolusi 2560×1440 mendapatkan skor 2964. Kinerja yang lebih berat membuat temperatur maksimal meningkat jadi 75 derajat celcius. Graphics score pengujian 3056 dengan detail graphics test 1 adalah 15.15 FPS dan graphics test 2 sebesar 11.84 FPS.

Sedangkan physics score 7580 dengan nilai physics tesnya 24.06 FPS. Dari nilai itu, game mainstream tidak bisa dijalankan dengan lancar di resolusi 2560×1440. Kalau masih ingin mencoba bermain, biasanya mengurangi kualitas grafis akan mengatasinya.

Cinebench R15
KARTU grafis milik Power Color ini layak untuk digunakan urusan videografi. Itu dibuktikan dengan skor 83.46 FPS yang didapat selama pengujian. Skornya boleh dibilang tinggi, apalagi kalau merujuk pada database skor milik Cinebench. Power Color R9 280 Turbo Duo berada diurutan teratas.

Furmark
PENGUJIAN dilakukan dengan menjalankan preset untuk resolusi 1920×1080. Pemberian beban tertinggi pada kartu grafis ini membuat temperature meningkat pada 79 derajat celcius. Meski mencapai beban puncaknya, rata-rata FPS yang didapat tetap tinggi.

Selama dua kali pengujian, nilai rata-ratanya stabil di angka 48-49 FPS. Sedangkan nilai terendahnya adalah 48-49 FPS. Begitu juga dengan nilai tertingginya, stabil di 54 FPS.

GAME
Dying Light

GAME baru ini punya spesifikasi yang cukup berat. Seperti game bertemakan zombie lainnya, punya latar yang detil, sampai memungkinkan bertumpuknya karakter pada satu tempat. Butuh kartu grafis menengah ke atas utnuk bisa menjalankan game ini dengan seting tertinggi.

Nah, Power Color R9 280 Turbo Duo ini bisa menjalankan petualangan dengan grafis tertinggi dengan lancar. Saat uji coba menggunakan FRAPS, rata-ratanya adalnya 26 FPS dengan nilai tertinggi 57. Angka itu cukup untuk menjalankan game ini tanpa nge-lag.

Hasil itu didapat saat permainan berjalan di luar tower. Tempat para survivor berkumpul. Sedangkan saat karakter utama berada di dalam lingkungan tower, rata-rata FPS naik menjadi 45 FPS.

Far Cry 4

GAME ini punya latar pemandangan yang indah. Sayang kalau dijalankan tanpa kualitas grafis tertinggi. Tapi, itu bukan masalah berarti bagi Power Color R9 280 Turbo Duo. Sebab, gambar yang dikirimkan tetap tinggi meski dijalankan dengan seting tertinggi. Skor rata-ratanya 67 FPS.

Detail lainnya, nilai terendah adalah 10 FPS dan maksimalnya mencapai 577 FPS. Untuk metode, tetap menggunakan FRAPS karena game ini tidak dilengkapi benchmark internal.

Tomb Raider

FITUR TreesFX yang membuat rambut Lara Croft menjadi makin nyata kerap menjadi momok bagi kartu grafis level menengah ke bawah. Kalau fitur itu diaktifkan, dan seting grafis juga di arahkan ke tingkat tertinggi, biasanya menghasilkan FPS rendah.

Tapi, seting tertinggi dengan TreesFX itu tidak menyulitkan Power Color R9 280. Buktinya, nilai rata-rata yang di dapat mencapai 52 FPS. Untuk nilai terendah, 40 FPS dan tertingginya 60 FPS. Dengan semua nilai itu, game ini bisa berjalan dengan sangat lancar.

KESIMPULAN
POWER Color R9 280 ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Terutama, bagi gamers yang mencari kartu grafis untuk game-game berat dengan seting grafis tinggi. Lantas, tidak berisik saat digunakan, dan bisa di-overclock.

Tapi, sebelumnya pastikan dulu ruang di computer case lega karena ukurannya yang panjang. Begitu juga dengan kemampuan power supply, usahakan punya yang pure supaya lancar. Selain itu, ini pandangan subyektif sih, kartu grafis ini good looking, lho. Hahaha.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *