Review Radeon R9 380X DD Edition

0

KARTU grafis seri R9 memang selalu menarik untuk digunakan. Sebab, performa yang tinggi membuat keinginan untuk menjalankan game dengan seting grafis tertinggi selalu menggebu. Seperti saat mencoba kartu grafis keluaran XFX seri R9 380X ini.

Dilengkapi dengan memori GDDR5 4GB 256 bit yang membuat berbagai game terkini harusnya tidak ada masalah untuk dijalankan. Tentu saja, bagi yang memiliki monitor dengan resolusi 4K bisa mencoba kehandalan kartu grafis ini. Sebab, XFX menjanjikan kartu grafisnya siap di resolusi itu.
 

::::FITUR ::::

SEBAGAI kartu grafis kekinian, XFX R9 380X sudah dilengkapi dengan AMD FreeSync. Tahu dong, kalau punya monitor yang mendukung teknologi ini, membuat game bisa berjalan lebih lancar. Sebab, tidak ada lagi bootleneck antara output kartu grafis dengan monitor.

Selain itu, kartu grafis ini juga mendukung arsitektur GCN, AMD Eyefinity, dan AMD LiquidVR. Untuk kemampuan API, kartu grafis ini mendukung DirectX 12 dan Vulkan. Dengan fakta singkat itu, jelas kalau XFX R9 380X ditujukan pada gamer yang serius.

Dari segi perangkat kerasnya, XFX sengaja meletakkan dua kipas besar berukuran 90mm. Kipas jumbo itu bisa dioptimalisasi melalui bios untuk menurunkan tingkat kebisingan. XFX mengklaim penurunan itu tidak akan berperanguh pada efektifitas pendinginan kartu grafis.

Supaya kartu grafis tidak punya panas yang berlebih, selain dua kipas besar juga ditanamkan teknologi thermal terbaru milik XFX. Teknologi itu disebut sebagai Ghost Thermal 3.0 Technology yang memang ditujukan untuk seri R9 300. Makin optimal karena dipadukan dengan susunan sirip dan heatpipes yang berlapis.

Untuk konektifitas, XFX R9 380X mengandalkan dua sambungan DVI. Lantas, ada satu port bagi pengguna sambungan HDMI. Terakhir, kartu grafis ini juga menyediakan satu Display Port. Bagi yang ingin menggunakan kartu grafis ini, pastikan power supply yang terpasang bertenaga minimal 750 watt. Selain itu, butuh koneksi tenaga 6+8 pin.
 

:::: BENCHMARK ::::

 
3DMark
LANTARAN XFX R9 380X ditujukan untuk gamer yang serius, pengukuran hanya melalui Fire Strike dan Fire Strike Ultra untuk resolusi 4K. Asumsinya sih, kalau Fire Strike lancar, maka tes yang lebih ringan tentu saja bisa dilalui.

Pengujian pertama, Fire Strike 1.1. Hasilnya, XFX R9 380X mampu menghasilkan nilai 7.008. Nilai itu tergolong tinggi dan bisa dipastikan berbagai game bisa dijalankan dengan seting grafis tertinggi di resolusi Full HD. Itu dibuktikan dengan nilai Graphics Score yang tidak lebih rendah dari 37 FPS.

Saat diberi beban yang lebih berat, yakni resolusi 4K, skor yang didapat turun. Yakni, menjadi 2.126. Angka itu menunjukkan kalau kartu grafis ini masih mumpuni untuk diajak bermain game resolusi super tinggi itu. Namun, terbatas pada beberapa permainan yang bisa dijalankan dengan lancar.

Umumnya, game yang dijalankan pada resolusi itu membutuhkan seting grafis yang lebih ringan. Kalau tetap mau bermain di resolusi 4K, berarti bisa menurunkan setingan grafis menjadi low, atau medium.

Cinebench R15
KARTU grafis ini bisa diandalkan untuk urusan multimedia. Sebab, hasil dari Cinebench R15 menunjukkan kalau XFX R9 380X mendapatkan nilai 82.20 FPS. Seperti diketahui, dengan nilai setinggi, proses rendering video bisa dijalankan dengan lancar.

Furmark
KETANGGUHAN XFX R9 830X terlihat saat diuji melalui software ini. Pemberian stress yang sangat berat membuat kartu grafis ini tetap menghasilkan nilai tinggi. Buktinya, nilai rata-rata yang didapat adalah 53 FPS, terendah 54 FPS, dan tertinggi 55 FPS. Untuk suhu tertinggi, Furmark mencatat panas setinggi 73 derajat celcius.


 

:::: GAMES ::::

Semua game yang dicoba menggunakan prosesor AMD FX 8350, RAM 8 GB, SSD 124 GB, dan berjalan di sistem operasi Windows 10. Hasil percobaan bisa saja berbeda dengan desktop PC lainnya.

Need For Speed: RIVAL

BERMAIN game balap menggunakan XFX R9 830X benar-benar seperti mengendarai mobil di jalan tol Jakarta saat libur lebaran. Wuzzz… tidak ada lag sama sekali meski menggunakan seting grafis tertinggi. Seperti diketahui, game ini mengunci di 30 FPS. Selama dicoba, angkanya stabil sehingga game lancar dijalankan.

Battlefield 4

GAME ini saya coba dalam mode online karena lebih menantang daripada menyelesaikan misi. Dengan setingan grafis tertinggi, pengukur internal game populer ini menunjukkan 53 FPS. Artinya, sudah jauh dari cukup untuk bisa bermain tanpa lag. Tapi, perlu diingat kalau konektifitas internet juga mempengaruhi jalannya permainan ya.

Fallout IV

PERMAINAN yang baru dirilis ini juga bisa dijalankan dengan sangat lancar lho. Iya, dengan setingan grafis tertinggi. Buktinya, nilai rata-rata yang dihasilkan Fraps adalah 59 fps. Nilai tertingginya adalah 55 dan tertinggi menyentuh 61 fps.

GTA V

SIAPA yang tidak kenal dengan game ini. Selain permainan yang seru, seri GTA juga dikenal punya grafis yang indah dan membuatnya dikenal sebagai game berat. Kalau pakai XFX R9 380X, kenapa tidak mencobanya untuk bermain dengan seting grafis tertinggi.

Jangan pesimis kalau game ini akan merepotkan R9 380X. Sebab, pada kenyataannya nilai yang dihasilkan Fraps adalah 51 fps. Nilai terendahnya 38 fps, dan tertinggi 62 fps. Cukup untuk menjelajahi indahnya kota dan menyelesaikan berbagai misi kan?

:::: KESIMPULAN ::::

KARTU grafis ini kabarnya akan dirilis seharga USD 229 atau sekitar Rp 3,1 juta jika langsung dikonversikan ke rupiah. Harga tersebut boleh dibilang sebanding dengan performa yang dihasilkan. Pengguna tidak perlu ragu lagi untuk menjalankan game dengan seting grafis tinggi, bahkan tertinggi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *