Review SAPPHIRE Tri-X Radeon R9 390X

0

SIAPA yang tidak ingin bermain game tanpa batasan seting grafis. Mau bermain game apapun, bisa dengan bebas menjalankannya dengan setingan grafis tertinggi. Memang, untuk bisa mewujudkannya butuh kartu grafis dengan spesifikasi tinggi. Salah satunya SAPPHIRE Tri-X Radeon R9 390X 8G.

Melihat dari website resminya Sapphire, kartu grafis dengan interface PCI Express 3.0 ini memang punya spesifikasi bak monster. Singkatnya, punya 512 memory bus, 8 GB DDR5 memory, punya tiga kipas besar yang siap menjaga panas, ready untuk 4K gaming, sampai mendukung AMD Freesync.

Penasaran untuk segera mencoba, SAPPHIRE Tri-X Radeon R9 390X akan saya pasangkan dengan prosesor AMD FX 8350, RAM Corsair Vengeance 2x4GB, SSD Corsair Neutron 128GB, motherboard Gigabyte GA-990FXA-UD5, PSU NZXT Hale 82 Series 750 W, CPU Cooler Dark Knight s1283w Nighthawk Edition, yang terpasang dengan Windows 10.

:::: UNBOXING ::::

BOX dari SAPPHIRE Tri-X Radeon R9 390X 8G sangat besar dengan gambar robot dan berbagai info singkat tentang kartu grafis ini. Saat dibuka, akan didapati kartu grafis yang sangat panjang. Makin terlihat gagah karena ada tiga kipas besar yang menyertai.

Di dalam box, selain kartu grafis ada CD instalasi, buku petunjuk pemakaian, dan bonus kabel HDMI. Sebelum memutuskan untuk membeli kartu grafis ini, sebaiknya memastikan dulu casing PC anda bukan bertipe mini. Sebab, SAPPHIRE Tri-X Radeon R9 390X 8G punya panjang 308 mm atau mendekati 31 cm.

Selain itu, untuk memastikan kartu grafis ini berjalan dengan lancar, butuh tenaga yang sangat besar. Butuh 2×8 konektor power pin dari power supply ke kartu grafis ini. Untuk PSU, Sapphire menyarankan memiliki daya sedikitnya 750 watt karena kartu grafisnya akan memakan tenaga sampai 375 watt.

Sedangkan untuk koneksi ke monitor, kartu grafis ini dilengkapi dengan 1xDVI, 1xHDMI, dan 3xDisplay Port. Pihak Sapphire menyebut ke-5 koneksi itu bisa dijalankan bersamaan.

::::BENCHMARK::::

3DMark
TIGA jenis pengujian melalui mode Fire Strike saya jalankan untuk mengetahui kemampuan kartu grafis ini. Mulai dari yang full HD, sampai untuk 4K. Namun, pengujian 4K tidak dilakukan karena resolusi maksimal monitor yang saya gunakan, hanya full HD.

Kita sampingkan dulu soal resolusi 4K. Untuk full HD, kartu grafis ini jelas bisa menanganinya. Sebab, skor yang didapat cukup tinggi yaitu 8915. Lebih detil lagi, FPS untuk graphics test 1 dan 2 berada pada kisaran 60 FPS sampai 70 FPS. Sangat tinggi.

Kalau pengujian dinaikkan lagi dengan Fire Strike Extreme, nilainya pengujian juga tidak jelek-jelek amat. Yakni, berada di angka 5283. Bermain game di resolusi yang lebih tinggi dari full HD itu masih memberikan 29,59 FPS dan 21,78 FPS. Artinya, masih banyak game yang bisa dijalankan dengan resolusi lebih tinggi.

Cinebench R15
INGIN menggunakan kartu grafis ini untuk bekerja video editing? jangan ragu lagi. Sebab, tingginya spesifikasi Sapphire Tri-X Radeon R9 390X membuat proses rendering bisa berjalan dengan lancar. Software ini mencatat kemampuan renderingnya mencapai 79 FPS.

Furmark
MELALUI softeare ini, diketahui kalau kartu grafis ini masih handal saat diberikan beban maksimal. Sebab, hasilnya masih 80 FPS. Seperti diketahui, angka setinggi itu masih bisa menjalankan berbagai game dengan sangat lancar dengan resolusi full HD. Selain itu, panas yan dihasilkan juga masih tergolong normal karena berada di kisaran 71 derajat celcius.

:::: GAMES ::::

FIFA 16

BAGI Sapphire Tri-X Radeon R9 390X, menjalankan game populer FIFA 2016 bukan suatu masalah besar. Sebab, saat game berjalan dengan seting grafis tertinggi, FPS yang dihasilkan mencapai 154 per detik. Itu berarti, game ini bisa berjalan dengan saat mulus.

Berbagai trik bermain bola bisa dengan enak dijalankan oleh masing-masing pemain. Kalau suka bermain online, tinggal pastikan koneksi internet anda lancar.

Need For Speed: Rival

GAME balapan yang tergolong berat ini bisa dijalankan dengan sangat lancar. Jangan ragu untuk memaksimalkan semua seting grafis game ini. Sebab, ketika dijalankan masih bisa menghasilkan 30 FPS. Seperti kita ketahui, EA selaku pembesut game mengunci FPS tertinggi di angka 30. Tingginya gambar per detik yang terkirim, membuat berbagai misi atau free ride bisa berjalan benar-benar tanpa lag.

Tomb Rider

PETUALANGAN Lara Croft bisa makin asyik jika dimainkan dengan Sapphire Tri-X Radeon R9 390X. Alasannya sederhana, bermain dengan setig grafis ultimate masih membuat game ini berjalan dengan lancar. Melalui benchmark internal game ini, FPS yang dihasilkan sebesar 59,9 per detik.

GTA V

KARTU grafis ini benar-benar punya kekuatan layaknya monster. Memori 8 GB membuat game ini tidak meninggalkan masalah sedikitpun saat semua seting grafis dimaksimalkan. Lihat saja screenshoot di bawah ini, semua sudah maksimal.

Ketika benchmark internal dijalankan, hasilnya masih tergolong memuaskan. Sebab, bisa mencapai rata-rata 47 FPS. Dengan angka itu, game masih bisa berjalan dengan sangat lancar. Jangan khawatir ada lag meski sedang bermain dengan scene yang membutuhkan latar belakang grafis tinggi.

:::: KESIMPULAN ::::

Investasi yang harus dikeluarkan untuk membeli Sapphire Tri-X Radeon R9 390X memang tergolong tinggi. Sebab, gamers perlu merogoh kantong sampai hampir Rp 8 juta. Namun, besaran investasi itu tidak merugikan. Sebab, semua game bisa dijalankan dengan baik pleh kartu grafis ini.

Selain itu, spesifikasi kartu grafis yang tinggi membuat masa pakainya jauh lebih lama. Sebab, tidak perlu lagi khawatir perlu beli kartu grafis baru ketika game-game baru bermunculan. Apalagi, kartu grafis ini juga handal untuk diajak bekerja terkait dengan foto maupun videografi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *