Ribetnya Download ICS Droid Razr

0

AKHIRNYA, setelah menunggu cukup lama Droid Razr dapat update Ice Cream Sandwich juga dari official Motorola. Meski demikian, bukan berarti untuk mendapatkan update tersebut mudah. Sebab, proses downloadnya ternyata ribet dan sempat bikin down untuk mengupdate via over the air alias OTA.

Bukan karena koneksi WiFi yang lelet dan tidak stabil lho ya. Koneksi ke WiFi sempat putus gara-gara aku coba koneksi ke sumber WiFi lain yang dianggap lebih kenceng. Tapi, malah bikin proses download stuck dan tidak bergerak sama sekali dari angka 16 persen.

Ada beberapa peringatan saat download tidak berjalan dengan lancar, salah satunya notifikasi kalau proses akan dilanjutkan saat koneksi WiFi kembali tersambung. Lantas, muncul tanda segitiga berwarna oranye yang tidak bisa hilang. Tidak hanya itu, makin bikin sebal karena saat WiFi tersambung, proses download tetap tidak jalan.

Bingung proses download tidak jalan, hasil browsing malah menyebutkan kalau banyak pengguna Droid Razr yang tergoda untuk melalukan reset factory setting. Tujuannya, untuk menghilangkan tanda segitiga itu dan berharap bisa melanjutkan proses download. Tapi, beberapa malah tidak lagi menemukan notifikasi upgrade ke ICS setelah reset factory setting.

Ternyata, cara menghilangkan tanda tersebut dan melanjutkan download cukup mudah. Caranya, turn off Droid Razr dalam waktu yang cukup lama, sekitar 10–15 menit. Saat mematikan ponsel, konseksi WiFi boleh dalam posisi on atau tidak. Lantas, nyalakan kembali Droid Razr.

Logo segitiga oranye tadi akan hilang, namun tidak lama logo akan kembali muncul kalau ponsel tidak segera disambungkan ke WiFi atau internet. Intinya, proses download tidak bisa dibatalkan. Kecuali, anda memilih opsi reset factory setting.

Oke, anggap anda ingin kembali mengupdate sistem operasi menjadi ICS. Setelah terkoneksi ke WiFi atau internet, biarkan saja. Proses download akan kembali berjalan dengan tanda layaknya sedang mengunduh dari Google Play. Lamanya proses download tentu tergantung kecepatan koneksi yang anda miliki.

Bagaimana kalau sudah terhubung ke internet tapi download tidak jalan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, masuk browser dan pastikan koneksi anda benar-benar jalan. Kedua, pastikan juga kalau koneksi yang anda gunakan sama dengan sebelumnya.

Maksudnya, kalau sebelumnya anda menggunakan koneksi WiFi, lanjutkan dengan WiFi juga. Jangan menggunakan koneksi data dari operator seluler. Begitu juga saat anda mengunduh update ICS dari WiFi jaringan A. Pastikan anda kembali terhubung dengan WiFi jaringan A.

Nah, kalau masalah masih terulang, seperti download tidak jalan, kembali lakukan cara diatas. Matikan 10-15 menit, nyalakan, sambungkan ke WiFi atau data, dan biarkan proses downlod berjalan. Masalah lain yang menurutku harus diperbaiki oleh Motorola adalah kecepatan unduh. Sebab, aku merasa kalau download file tambahan untuk game seperti punya Glu Mobile atau Gameloft lebih kenceng dari unduh file ICS.

Entah kenapa, tapi itulah yang terjadi saat update Droid Razrku. Mungkin, itu bug yang harus diperbaiki oleh pihak Motorola. Yang jelas, gara-gara itu proses update sampai memakan waktu seharian. Padahal, begitu proses download jalan tidak sampai 20 menit semua files telah terunduh.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *