Supaya BBM Tidak Dibajak

0

BELAKANGAN ini, banyak yang memasang status di blackberry messanger (BBM) atau di Facebook soal pembajakan akun. Intinya sih, ada yang menyerupai akun BBM seseorang dan menggunakannya untuk tindak kejahatan. Bisa meminta pulsa, atau uang dengan alasan mendesak.

Saya mau berbagi salah satu cara supaya hal itu tidak terjadi. Sebab, pagi ini (30/12), saya mendapati sebuah email dari BlackBerry. Email itu asli karena menggunakan domain website resmi mereka yakni blackberry.com. Isinya, pemberitahuan kalau email saya digunakan untuk mendaftar BlackBerry ID (BB ID) baru.

Saya punya BB ID tetapi menggunakan email dari Yahoo. Sedangkan yang mendapat notifikasi baru adalah akun email dari Google. Lantaran tidak pernah merasa membuat BB ID lewat Gmail, saya yakin itu kerjaan orang lain. Nah, pintu untuk melakukan pembajakan akun tergantung pada memperlakukan email itu.

Jadi, apa yang harus dilakukan kalau tidak merasa membuat akun BB ID melalui email itu? gampang. Coba baca emailnya, disitu ada dua opsi. Pertama, mengkonfirmasi kalau benar telah melakukan pendaftaran BB ID. Kedua, menyangkal pembuatan BB ID dan memilih untuk menghapusnya.

Tentu saja, kalau tidak pernah merasa membuat BB ID, pilih untuk menghapus. Klik saja linknya, nanti akan menuju halaman baru di website resmi BlackBerry. Lalu ikuti perintah untuk melakukan penghapusan pendaftaran. Ingat, situs resmi tidak pernah meminta untuk mengisi username dan password saat menghapus BB ID.

Setelah mendapat konfirmasi terhapus, saat itu juga BB ID yang dipasang di aplikasi BBM pembajak akan non aktif. Jadi, jangan pernah mengabaikan email dari BlackBerry itu ya. Memang, BlackBerry memberi kesempatan selama 72 jam atau 3 hari sebelum menghapus BB ID yang tidak terkonfirmasi kepemilikannya. Tetapi, waktu tiga hari itu sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan keuntungan.

BB ID telah dihapus

Kalau ada pertanyaan kenapa BB ID palsu bisa memiliki daftar teman kita? jawabnya sederhana. Dari akun itu ada daftar alamat email teman-teman yang biasa dikirim atau menerima email. Nah, BBM yang terbaru bisa secara otomatis menambahkan teman berdasar alamat email yang juga didaftarkan untuk BB ID.

Bagaimana kalau ada email dari BlackBerry ke akun yang memang digunakan untuk membuat BB ID? Soal itu, ada beberapa kemungkinan. Pertama, ada yang mencoba untuk menerobos masuk dengan memilih lupa password. Kalau ada teman, atau password email sudah bocor, cara itu bisa digunakan pemajak untuk mengambil alih akun.

Saat kita tidak sadar ada email, dan pembajak mengkonfirmasi perubahan akun, maka password BB ID telah berubah. Akun berpindah tangan dan pembajak bisa leluasa menjalankan aksi jahatnya. Jadi, kalau ada email dari BlackBerry terkait lupa password, langsung hapus saja. Termasuk dari folder tempat sampah email.

Kemungkinan kedua, benar anda telah meminta perubahan password. Kalau password sudah diubah, tetapi email masih tetap masuk, bisa saja notifikasinya terlambat masuk. Tetapi, untuk memastikan password telah berubah atau belum, langsung aja login ke BB ID di situs resmi BlackBerry. Yaitu, https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/

Pada dasarnya, kejelian dan tidak cuek saat menerima email bisa menekan terjadinya pembajakan akun. Sekian, semoga bermanfaat, dan jangan lupa sering cek email.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *